- Home>
- Metode Tabulasi
Posted by : Unknown
Minggu, 06 Desember 2015
Tabulasi adalah proses menempatkan
data dalam bentuk tabel dengan cara membuat tabel yang berisikan data sesuai
dengan kebutuhan analisis. Tabel yang dibuat sebaiknya mampu meringkas semua
data yang akan dianalisis. Pemisahan tabel akan menyulitkan peneliti dalam
proses analisis data.
G..E.R.Burroughas mengemukakan
klasifikasi analisis data sebagai berikut:
1. Tabulasi
data (the tabulation of the data)
2. Penyimpulan
data (the summarizing of the data)
3. Analisis
data untuk tujuan testing hipotesis
4. Analisis
data untuk tujuan penarikan kesimpulan
Yang termasuk ke dalam kegiatan
tabulasi antara lain:
1. Memberikan
skor (scoring) terhadap item-item yang perlu diberi skor .
Misalnya tes,angket
bentuk pilihan ganda, rating scale, dan sebagainya.
2. Memberikan
kode terhadap item-item yang diberi skor.
3. Mengubah
jenis data, disesuaikan atau dimodifikasikan dengan teknik analisis yang
digunakan.
Misalnya:
· Data
interval diubah menjadi data ordinal dengan membuat tingkatan.
· Data
ordinal atau data interval diubah menjadi data diskrit.
4. Memberikan
kode (coding) dalam hubungan dengan pengolahan data jika akan menggunakan
komputer. Dalam hal ini pengolah data memberikan kode pada semua
variabel,kemudian mencoba menentukan tempatnya di dalam coding sheet (coding
form).
Setelah instrumen diskor,hasilnya
ditransfer dalam bentuk yang lebih ringkas dan mudah dilihat. Mencatat skor
secara sistematis akan memudahkan pengamatan data dan memperoleh gambaran
analisisnya. Dari tabulasi, analisis data dapat dilakukan dengan cara sederhana,
yaitu dengan menggunakan prinsip analisis deskripsi, yaitu mencari jumlah skor,
nilai rerata, standar penyimpangan, dan variasi penyebarannya. Data dapat pula
ditampilkan dalam bentuk grafis untuk melihat gambaran secara komprehensif.
Jika analisis data adalah
membandingkan dua kelompok maka data ditempatkan dalam kolom yang berbeda.
Misalnya kolom dua untuk kelompok A dan kolom tiga untuk kelompok B. Dari cara
pengelompokan ini kita dapat melakukan perbandingan antara penguasaan
keterampilan A dan B.
Seperti terlihat pada tabel dibawah ini :
Kompetensi
|
Keterampilan A
|
Keterampilan
B
|
Kompetensi
Pemahaman Konsep
|
68
72
76
78
80
84
85
86
86
88
|
55
60
65
70
72
74
74
75
75
76
|
Kompetensi
Komunikasi
|
50
58
60
62
64
64
66
67
70
72
|
60
66
67
68
69
69
70
70
71
71
|
Disamping membandingkan antara penguasaan
keterampilan antara dua kelompok, seorang peneliti dapat juga membandingkan
misalnya kebutuhan kompetensi pemahaman konsep dengan kompetensi komunikasi.
Dibawah ini contoh skoring dan tabulasi
data dari hasil analisis tes yang terdiri dari 10 butir soal yang dikerjakan
oleh 20 orang siswa.
Tabel analisis 10 butir soal 20 siswa
Siswa
|
Nilai Soal
|
Skor Siswa
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
A
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
5
|
B
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
7
|
C
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
D
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
5
|
E
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
F
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
G
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
H
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
6
|
I
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
J
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
7
|
K
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
7
|
L
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
M
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
3
|
N
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
O
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
9
|
P
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
3
|
Q
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
R
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
8
|
S
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
T
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
Jumlah
|
11
|
15
|
12
|
8
|
6
|
16
|
15
|
17
|
20
|
10
|
|
Berdasarkan nama-nama siswa dapat kita peroleh skor-skor
sebagai berikut :
A =
5 F
=
6 K
= 7 P
= 3
B =
7 G
=
6 L
= 5 Q
= 8
C =
8 H
=
6 M
= 3 R
= 8
D =
5 I =
8 N
=
7 S
= 6
E =
10 J =
7 O
= 9 T
= 6
Dengan menggunakan prinsip tabulasi ini,seorang peneliti
akan dapat menentukan arah selanjutnya teknik analisis apa yang
diperlukan,tergantung dengan tujuan analisis data yang hendak dicapai.
Diberdayakan oleh Blogger.